Info Sains Rahasia Matahari


Matahari merupakan bintang yang mendominasi salah satu satu sudut ruang angkasa. Matahari menjelajahi alam semesta bersama planet, Bulan dan benda langit lainnya. Matahari berukuran sangat besar- 100 kali lebih lebar dari bumi. Massa Matahari merupakan yang terbesar dalam tata surya, 750 kali lebih besar daripada seluruh benda langit disatukan. Kadangkala bulan melewati matahari pada siang hari dan menyebabkan gerhana matahari.

Putaran Di atmosfer matahari
Lapisan gas di sekeliling matahari membentuk atmosfer. Lapisan terluar atmosfer di sebut korona (mahkota). Di dalam sinar ultraviolet, korona tampak seperti putaran gas panas. Putaran ini bisa mencapai ketinggian 500.000 km. Lapisan dalam atmosfer matahari berwarna kemerahan dan dikebut dengan kromosfer (bola warna).
Permukaaan penuh badai.
Permukaan matahari penuh massa gas, seperti sebuah laut berbadai. Salah satu penyebabnya adalah medan megnet yang kuat, ribuan kali lebih kuat daripada medan magnet bumi. Jika dilihat dari dekat permukaan matahari di penuhi bintik-bintik, di sebut granulasi, dengan bintik matahari gelap dan daerah berwarna terang yang disebabkan ledakan yang disebut dengan lidah api matahari.
Matahari terus-menerus memancarkan aliran partikel berenergi listrik yang dikenal sebagai angin matahari. Angin matahari merupakan penyebab utama kondisi cuaca ruang angkasa di sekitar bumi berubah-ubah.

Data matahari:
Diameter equator 1.400.000 km
Jarak dari bumi 149,6 juta km
massa (bumi=1) 330.000
Periode rotasi 25,4 hari
Temperatur permukaan 5.500 C
Temperatur inti 15.000.000 C
Umur 4.6 miliar tahun
Demikianlah semoga bermanfaat.
silahkan share dan komen
Previous
Next Post »